banner 728x250

Alasan Immanuel Ebenezer Minat Maju di Pilgub Kalimantan Utara, Ini Profil Noel Ketua Relawan Prabowo Mania

  • Share
banner 468x60

TEMPO.CO, JakartaImmanuel Ebenezer, Ketua kelompok relawan Prabowo Mania, mengklaim bahwa dia mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk maju sebagai bakal calon gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) pada Pilkada 2024. 

Example 300x600

Immanuel, yang akrab dipanggil Noel, mengungkapkan hal ini setelah menghadiri buka puasa bersama Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 1 April 2024. Noel menyatakan bahwa ketika dia menjelaskan rencananya ke depan kepada Jokowi, Presiden memberikan dukungan dengan mengatakan, “Saya mendukung.” Menurut Noel, ini merupakan dukungan yang sangat berarti.

Dalam keterangan terpisah, Noel menyatakan keinginannya untuk mencalonkan diri sebagai gubernur di Pilgub Kaltara dari Partai Gerindra. Sebelumnya, dia mencoba mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari partai tersebut di daerah pemilihan Kalimantan Utara, namun tidak berhasil. Lantas, siapakah sosok Immanuel Ebenezer?

Profil Immanuel Ebenezer

Immanuel Ebenezer Gerungan, S.Sos, yang lahir di Riau pada 22 Juli 1975, dikenal sebagai seorang politikus dan aktivis dengan keyakinan agama Kristen. Noel, demikian dia sering disapa, merupakan lulusan jurusan sosial dari Universitas Satya Negara Indonesia.

Selain aktif dalam dunia politik, pada Juni 2021, dia ditunjuk sebagai komisaris di PT Mega Eltra hingga Maret 2022. Pada tanggal 12 Juni 2021, Immanuel Ebenezer diangkat oleh Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Komisaris Utama PT Mega Eltra, sebuah anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bergerak dalam perdagangan, jasa konstruksi, keagenan, dan industri cat. 

Iklan

Namun, masa jabatannya sebagai Komisaris BUMN tidak berlangsung lama. Pada tahun 2022, dia dicopot dari jabatannya sebagai Komisaris PT Mega Eltra. Perusahaan tersebut, sebagai anak perusahaan PT Pupuk Indonesia, memiliki beragam usaha, termasuk perdagangan dan pembangunan konstruksi.

Karir politik Immanuel Ebenezer mencuat saat dia menjadi Ketua Umum Jokowi Mania Nusantara (JoMan) dalam Pemilu Presiden 2019. Pada Juni 2024, dia menarik perhatian publik setelah memberikan dukungan awal kepada Ganjar Pranowo untuk menjadi calon presiden dalam Pemilu Presiden 2024. Meski demikian, Noel kemudian memutuskan untuk mengubah dukungannya dan beralih mendukung Prabowo Subianto.

Sebagai Ketua Prabowo Mania, Immanuel Ebenezer secara aktif mendukung Prabowo Gibran dan terlibat dalam kampanye selama masa kampanye Pemilu Presiden 2024. Dia juga pernah menjadi saksi dalam sidang kasus tindak pidana terorisme di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada 23 Februari 2022.

ANGELINA TIARA PUSPITALOVA | DANIEL A. FAJRI

Pilihan Editor: Petualangan Politik Immanuel Ebenezer Dukung Ganjar Sebelum ke Prabowo, Jadi Komisaris BUMN Setelah Dukung Jokowi

Source link

banner 325x300
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *