Ada Bibit Siklon 91P, BMKG Prakirakan Hujan Guyur Mayoritas Kota Besar

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca kota-kota besar di Indonesia Selasa, 7 Mei 2024, didominasi hujan akibat keberadaan tiga sirkulasi siklonik dan bibit siklon tropis 91P.

“Tiga sirkulasi siklonik di perairan utara Kalimantan Barat, kemudian Samudra Pasifik utara dari Papua serta Laut Banda. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik,” kata prakirawan BMKG Rif’at Darajat sebagaimana dikutip Antara, Selasa.

Rif’at mengatakan bibit siklon tropis 91P yang berada di sekitar Laut Arafuru berpeluang rendah menjadi siklon. Hal ini berdampak hujan sedang hingga lebat dan angin kencang di sekitar wilayah bibit siklon tersebut.

Di Pulau Sumatra, hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang. Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Bengkulu serta Bandarlampung, dan hujan lebat di Medan.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan yang disertai kilat maupun petir di Padang, Tanjungpinang, Jambi serta Pangkalpinang.

“Bergeser ke Pulau Jawa, cuaca cerah diperkirakan terjadi di Surabaya. Sementara Serang, Semarang, Bandung serta Yogyakarta diprakirakan berawan. Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Jakarta,” kata Rif’at.

Selanjutnya, Pulau Bali serta Nusa Tenggara umumnya cerah berawan hingga berawan. Kondisi cuaca Denpasar dan Kupang diprakirakan cerah berawan, sedangkan Mataram diperkirakan berawan.

Di Pulau Kalimantan, cuaca cerah berawan diperkirakan terjadi di Banjarmasin, sementara hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Palangka Raya.

Iklan

BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai hujan yang disertai kilat maupun petir di Pontianak, Tanjung Selor, dan Samarinda.

Di Pulau Sulawesi, cuaca cerah berawan diperkirakan terjadi di Manado. Hujan dengan intensitas ringan berpotensi mengguyur Gorontalo, Palu, dan Makassar.

Kemudian, hujan intensitas sedang diprediksi terjadi di Kendari. Bagi masyarakat yang berada di Mamuju perlu waspadai karena cuaca hari ini diperkirakan turun hujan disertai kilat maupun petir.

Di wilayah timur Indonesia, kondisi cuaca umumnya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Prediksi hujan ringan hanya ada di Jayapura; sedangkan hujan sedang diprakirakan terjadi di Ternate, Manokwari, dan Ambon.

BMKG memprediksi angin permukaan di wilayah Indonesia secara umum bertiup dari arah timur dengan kecepatan angin berkisar 10 hingga 45 kilometer per jam. Sementara itu, suhu udara umumnya berkisar antara 17 hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban berkisar antara 50 hingga 100 persen.

“Prakiraan tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia secara umum cukup kondusif berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Waspada potensi banjir pesisir atau rob di pesisir Belawan serta pesisir Balikpapan,” pungkas prakirawan BMKG Rif’at Darajat.

Pilihan Editor: ITB Naikkan UKT Mahasiswa 2024, Segini Perkiraan Besarannya

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *