8 Ragam Hidangan Lebaran dari Daging Sapi Bercita Rasa Manis

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Salah satu hal yang sudah menjadi tradisi saat hari Raya Idul Fitri adalah menyiapkan santapan spesial. Ada beragam menu khas yang disajikan saat lebaran dari jenis makanan camilan hingga makanan berat, dari yang bercita rasa manis hingga yang bercita rasa asin. Daging merupakan salah satu bahan yang menjadi bahan utama hidangan lebaran.

Daging biasanya diolah menjadi rendang atau gulai dengan cita rasa pedas gurih, namun ada pula olahan daging khas lebaran dengan cita rasa manis yang tak kalah enak . Berikut ragam menu lezat lebaran berbahan daging sapi dengan rasa manis gurih.

1. Bistik Daging

Bistik daging adalah salah satu olahan menu daging lebaran yang menjadi incaran. Rasanya legit dan tidak pedas banyak disukai anak-anak. Rasa manis pada bistik daging didapatkan dari susu dan kecap manis. Saat mengolah daging untuk menjadi bistik melewati proses marinasi daging menggunakan susu, mentega, dan rempah-rempah, yang kemudiaan menghasilkan rasa manis  dan gurih. Selanjutnya saat memasak daging ditambahkan pula kecap manis, sehingga rasa manis kian terasa. Berpadu dengan aneka rempah dan tomat segar menjadikan rasa hidangan ini seimbang dan enaksaat dinikmati.

2. Semur Daging

Semur daging adalah salah satu menu olahan daging yang bisa meenjadi pilihan saat hari raya. Masakan ini merupakan tipe masakan berkuah dan memiliki cita rasa manis. Menu ini biasa dimasak dengan campuran kentang.

3. Tongseng Sapi

Tongseng sapi merupakan makanan olahan daging yang sudah cukup dikenal luas oleh masyarakat. Meskipun masakan ini cenderung bercita rasa pedas yang berasal dari cabai, namun agar rasanya lebih kaya tongseng biasanya juga ditambahkan dengan kecap manis. Selain itu makanan yang enak disantap pas hangat ini juga akan semakin nikmat ketika ditambahkan dengan kol yang diiris halus.

4. Kicik Daging Sapi

Kicik Daging sapi merupakan olahan makanan dari bahan dasar daging sapi. Kicik daging berasal dari daerah Yogyakarta. Masakan ini memiliki rasa bumbu yang medok dan kuah yang kental. Masakan ini bercita rasa pedas manis dan gurih dari santan.

5.  Rawon

Iklan

Rawon merupakan makanan khas dari Jawa Timur. Rawon yang di luar negeri lebih dikenal dengan nama black soup ini memiliki khas tersendiri yakni dengan warna kuah hitam  yang berasal dari buah kluek. Selain memberikan warna hitam, kluek juga memberi rasa asam pada masakan, sehingga hidangan ini cocok juga ditambahkan dengan kecap manis sebagai penyeimbang rasa asam. Rawon biasanya juga disajikan bersama pelengkapnya yakni toge, telur asin, dan bawang goreng.

6. Tengkleng Rica Sapi

Tengkleng sapi tidak hanya menjadi salah satu menu lebaran, namun menu yang satu ini juga biasa ditemukan pada warung-warung atau resto di hari-hari biasa. Tengkleng sapi memiliki cita rasa gurih asin dan perpaduan rempah-rempah. Tapi pada Tengkleng rica sapi rasanya agak sedikit berbeda, yakni terdapat rasa pedas yang lebih menyengat, namun juga disertai sedikit rasa manis dari gula jawa dan kecap manis.

7. Malbi

Malbi merupakan masakan daiung sapi khas Palembang. Malbi memiliki cita rasa manis gurih dengan kuahnya yang kental serta berwana hitam pekat. Malbi menggunakan bagian daging sapi khas dalam yang dimasak dengan waktu cukup lama hingga menghasilkan daging yang empuk dan bumbu yang meresap. Malbi biasa diolah dengan campuran telur puyuh dan kentang,

8. Daging Masak Hitam

Daging masak hitam  merupakan makanan khas dari Provinsi Jambi. Makanan ini memiliki cita rasa manis, gurih, dan pedas. Makanan ini berwarna kehitaman karna perpaduan dari berbagai bumbunya. Masakan ini hampir serupa dengan semur, namun memiliki kuah yang lebih kental.

Itulah beberapa menu khas lebaran dari daging sapi yang bercita rasa manis dan berkuah. Menu ini bisa menjadi inspirasi untuk melengkapi ragam menu lezat lebaran kali ini. 

TIARA JUWITA | DELFI ANA HARAHAP | MEUTIA MUR
Pilihan editor: 5 Tips Aman Nikmati Hidangan Lebaran Tanpa Takut Kolesterol dan Gula Darah Naik

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *