6 Hal Menarik untuk Dinantikan di Euro 2024

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Turnamen sepak bola Euro 2024 (Piala Eropa 2024) akan berlangsung mulai 14 Juni hingga hingga 15 Juli 2024. Jerman menjadi tuan rumah untuk ketiga kalinya. 

Ada 24 tim yang akan berebut gelar juara, yang akan dibagi dalam enam Grup (A-F). Italia merupakan juara bertahan.

Ada enam hal menarik yang layak dinantikan dari turnamen sepak bola kali ini, seperti dirangkum UEFA lewat pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

Akankah Muncul Juara Baru?

Sebanyak 11 negara berbeda telah meraih Piala Henri Delaunay yang terkenal. Jerman dan Spanyol menjadi yang paling sukses dengan masing-masing memenangi  turnamen ini sebanyak tiga kali. Edisi terakhir yang menghasilkan pemenang pertama kali adalah Euro 2016, ketika Portugal menang atas Prancis di final.

Pada kesempatan kali ini, akan ada banyak tim yang memimpikan gelar juara. Inggris hampir saja menjadi juara di Euro 2020 namun dikalahkan oleh Italia di pertandingan penentuan. Mereka merupakan salah satu tim yang diunggulkan untuk melaju jauh di Jerman. 

Tim-tim seperti Belgia, Kroasia, dan Turki juga diunggulkan sebagai kuda hitam, dan terdapat 11 tim lain yang belum pernah menjadi juara. Mungkinkah ini akan menjadi tahun yang bersejarah bagi salah satu dari mereka?

Dapatkah Cristiano Ronaldo Membuat Terobosan Baru?

Rekor dan pencapaian penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, hampir tidak ada habisnya. Ia merupakan pemain yang paling banyak tampil di turnamen final Euro  (5 kali), paling sering tampil di final (25), dan mencetak gol paling banyak (14).

Pemain berusia 39 tahun ini memiliki kesempatan untuk memperpanjang rekor-rekor tersebut di Jerman, dan juga membuat rekor baru. Ia bisa  menggantikan pemain Austria, Ivica Vastic, sebagai pencetak gol tertua di putaran final jika ia berhasil mencetak gol untuk Portugal. 

Tidak diragukan lagi, dia juga akan menyukai peluangnya untuk finis sebagai pencetak gol terbanyak untuk ketiga kalinya; dia adalah pencetak gol terbanyak bersama di Euro  2020 dengan lima gol dan juga berbagi penghargaan dengan tiga gol pada tahun 2012. 

Seperti biasanya, Ronaldo akan sangat layak untuk diawasi.

Selanjutnya: Tuan rumah Jerman dan Calon Bintang Muda 

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *