5 Rekor yang sudah Dipecahkan Lamine Yamal di Ajang Euro

  • Share

Penyerang muda Timnas Spanyol Lamine Yamal(Instagram/433)

Lamine Yamal bak menjadi brand ambassador gelaran Euro 2024. Namanya tidak bisa dilepaskan dari kejuaran besar tersebut karena terus menerus menjadi perbincangan melalui aksi an rekor yang terus ia torehkan.

Setidaknya, hingga saat ini, ada 5 rekor yang sudah dicatat pemain Barcelona itu. Apa saja? Berikut daftar lengkapnya.

1. Pencetak gol termuda di Euro

Baca juga : Sah! Lamine Yamal Jadi Pencetak Gol Termuda di Piala Eropa

Pada laga Spanyol vs Prancis, Lamine Yamal mencetak gol spektakuler dari luar kotak penalti. Yang membuat itu lebis istimewa, gol tersebut dicetak di usianya yang baru 16 tahun 352 hari. Itu membuatnya tercatat ebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Euro.

2. Pencetak gol termuda di turnamen besar (Euro/World Cup)

Tidak pencetak gol yang lebih muda dari Lamine Yamal pada dua ajang besar Euro atau Piala Dunia. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh penyerang Brasil, Pele, pada 1958. Kala itu, Pele mencetak gol di usia 17 tahun dan 239 hari. Hampir satu tahun lebih tua dari Lamine Yamal.

Baca juga : Lamine Yamal Pecahkan Rekor Cristiano Ronaldo di laga Spanyol vs Jerman

3. Pemain termuda yang meraih Player of The Match

Aksi heroiknya di semifinal tentu membuatnya tidak bisa dilepaskan sebagai pemain terbaik di laga tersebut. Lamine Yamal adalah pemain termuda yang meraih penghargaan Player of The Match di gelaran Euro.

4. Pemain remaja dengan assist terbanyak

Baca juga : Lamine Yamal Berpeluang Patahkan Rekor Cristiano Rolando di Euro 2024

Lamine Yamal sudah menorehkan 3 assist di ajang Piala Eropa 2024. Itu membuatnya menjadi pemain remaja yang menorehkan assist terbanyak. Ia menggeser Cristiano Ronaldo yang mencetak 2 assist pada Euro 2004. Saat itu, Ronaldo masih berusia 19 tahun.

5. Pemain termuda di laga setiap laga Euro

Lamine Yamal tercatat sebagai pemain termuda yang merumput di turnamen Euro. Semakin jauh Timnas Spanyol melangkah di Piala Eropa 2024, semakin banyak pula rekor yang bakal dicatat Lamine Yamal. Sejauh ini, ia sudah tercatat sebagai pesepak bola termuda yang bermain di 16 besar, perempat final, dan semifinal. Dipastikan, ia bakal jadi pemain termuda yang berlaga di final Euro. Sebelumnya, rekor pemain termuda di Euro adalah Kacper Kozlowski asal Polandia. Ia bermain pada usia 17 tahun 246 hari pada 2021 lalu. (Z-11)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *