5 Kartel Narkoba Terkaya Sepanjang Sejarah di Dunia, El Chapo Termasuk?

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Informasi kartel narkoba terkaya sepanjang sejarah menarik untuk diketahui. Sebab, mengedarkan dan menjual barang haram tersebut merupakan salah satu tindak pidana.

Melansir laman BNN, narkoba merupakan zat  yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi dan daya rangsang. Obat-obatan ini juga menimbulkan efek kecanduan bagi penggunaan yang berlebihan.

Kartel Narkoba Terkaya Sepanjang Sejarah di Dunia

1. Pablo Escobar

Melansir The Richest, Pablo Escobar merupakan pemimpin kartel terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 30 miliar dolar AS atau setara dengan Rp387,6 triliun. Ia terkenal sebagai seorang raja narkoba di Kolombia. 

Ia memimpin kartel Medellin yang menyelundupkan 80 persen kokain ke Amerika Serikat. Di bawah kepemimpinannya, kartel tersebut menjadi terkenal dalam pembunuhan yang berkaitan dengan tokoh politik dan aparat hukum.

2. Amado Carrillo Fuentes

Fuentes memimpin kartel Juarez dan terkenal dengan julukan ‘penguasa langit’. Hal ini lantaran ia mengenakan armada jet yang luas untuk transportasi narkoba dengan kekayaan mencapai 25 miliar dolar AS.

Sayang, posisinya ini ia ambil dengan membunuh bosnya, yakni Rafael Aguilar Guajardo. Ia bahkan membawa saudara dan putranya sebagai karyawan di bisnis perdagangan narkoba.

klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>

Editor : Puti Aini Yasmin

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *