5 Fakta Unik Negara Meksiko Sebagai Salah Satu Bagian Amerika Utara

  • Share

TEMPO.CO, JakartaMeksiko, negara yang terletak di Amerika Utara, terkenal dengan warisan budayanya yang kaya, sejarahnya yang mendalam, dan keanekaragaman alamnya.

Awal pekan ini, Claudia Sheinbaum memenangkan pemilu Meksiko dan mencatatkan diri sebagai presiden perempuan pertama negara itu. Sheinbaum, yang populer dikalangan masyarakat miskin Meksiko, menggantikan posisi Presiden Meksiko saat ini Andres Manuel Lopez Obrador. 

Meksiko menawarkan banyak keunikan yang menjadikannya berbeda dari negara-negara lain di benua Amerika. Berikut adalah 5 fakta terunik tentang Meksiko yang memperlihatkan kekayaan dan keindahannya.

1. Piramida yang Lebih Besar dari Giza

Seperti yang dilansir dari history.com, piramida yang lebih besar dari Giza yang terletak di Meksiko adalah Piramida Cholula, juga dikenal sebagai Tlachihualtepetl. Piramida Cholula adalah piramida terbesar di dunia berdasarkan volume. Piramida ini memiliki volume sekitar 4,45 juta meter kubik, lebih besar dari volume Piramida Agung Giza di Mesir, yang memiliki volume sekitar 2,5 juta meter kubik. Piramida ini terletak di kota Cholula, di negara bagian Puebla, Meksiko. Kota Cholula sendiri adalah salah satu kota tertua di Amerika dan telah dihuni secara kontinu selama lebih dari 2.500 tahun.

2. Hari Orang Mati (Día de los Muertos)

Salah satu tradisi budaya paling terkenal di Meksiko adalah Día de los Muertos atau Hari Orang Mati, yang dirayakan pada tanggal 1 dan 2 November. Perayaan ini merupakan waktu untuk menghormati dan mengenang orang-orang yang telah meninggal.

Berbeda dengan perayaan serupa di negara lain, Día de los Muertos tidak dianggap sebagai hari yang suram, tetapi sebagai waktu untuk merayakan kehidupan dan mengingat kenangan indah bersama mereka yang telah pergi. Parade, kostum berwarna-warni, dan festival musik juga menjadi bagian dari perayaan ini, yang memperlihatkan keindahan dan kekayaan budaya Meksiko.

3. Patung Bunda Maria Guadalupe

Iklan

Bunda Maria Guadalupe adalah simbol penting dalam budaya Meksiko dan dianggap sebagai pelindung negara. Basilika Guadalupe di Kota Meksiko adalah salah satu situs ziarah Katolik terbesar di dunia. Patung Bunda Maria Guadalupe adalah sebuah ikon keagamaan yang sangat penting dalam budaya dan agama Katolik di Meksiko. Ikon ini berasal dari kisah penampakan Bunda Maria kepada seorang pria Aztek bernama Juan Diego pada tahun 1531 di Tepeyac Hill, dekat Kota Meksiko. 

4. Gua Bawah Tanah

Meksiko memiliki beberapa gua bawah tanah yang menakjubkan, termasuk Sistema Sac Actun di Yucatán yang merupakan salah satu sistem gua bawah air terpanjang di dunia. Terletak di Yucatán, Sistema Sac Actun adalah sistem gua bawah air terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 347 kilometer. Sistem gua ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan termasuk stalaktit, stalagmit, dan formasi batu kapur lainnya, serta sungai bawah tanah yang jernih.

5. Memiliki Julukan Pabrik Tequila

Dilansir dari laman contiki.com, Tequila, minuman keras yang terkenal di seluruh dunia, berasal dari kota Tequila di negara bagian Jalisco, Meksiko. Minuman ini dibuat dari fermentasi dan distilasi tanaman agave biru (Agave tequilana), yang tumbuh subur di tanah vulkanik daerah tersebut. Tequila memiliki proses produksi yang diatur dengan ketat, dan hanya dapat diproduksi di wilayah tertentu di Meksiko, termasuk Jalisco, Guanajuato, Michoacán, Nayarit, dan Tamaulipas. 

Tequila merupakan bagian penting dari budaya Meksiko dan sering digunakan dalam berbagai perayaan dan ritual. Ada berbagai jenis tequila, termasuk blanco (putih), reposado (yang sudah tua), dan añejo (yang sangat tua), masing-masing dengan karakteristik rasa yang unik. 

HISTORY | CONTIKI | REUTERS
Pilihan editor: Claudia Sheinbaum Akan Menjadi Presiden Perempuan Pertama Meksiko 

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *