4 Cara Mengembalikan Pola Tidur Setelah Ramadan

  • Share

CANTIKA.COM, Jakarta – Berpuasa Ramadan membuat kita terbiasa bangun sahur pada dini hari. Pola tidur pun kadang berubah, misalnya, ada yang beristirahat lebih lama di siang atau pagi hari.

Ketua Umum PP Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra membagikan beberapa cara untuk mengembalikan pola tidur ke kondisi normal setelah perubahan pola tidur yang umumnya terjadi pada masyarakat Muslim selama bulan Ramadan.

1. Relaksasi

Hermawan mengemukakan perlunya melakukan relaksasi selama beberapa hari untuk mengembalikan pola tidur setelah bulan Ramadan. “Kalaupun terjadi gangguan tidur karena pola tidur yang kurang pas, hal itu bisa disiasati dengan gizi dan relaksasi dalam waktu tiga sampai lima hari,” kata lulusan Universitas Indonesia itu, dikutip dari Antara, Rabu, 17 April 2024.

2. Tidur Lebih Awal

“Pada masa transisi tersebut biasakan untuk istirahat pada pukul delapan atau sembilan kalau memang tidak ada kepentingan lain untuk begadang atau beraktivitas pada malam hari,” ia menambahkan.

Ia menyarankan orang yang baru beristirahat pada tengah malam untuk secara bertahap mengubah kebiasaan agar bisa tidur malam lebih awal.

3. Biasakan Bangun Pagi

Hermawan menyampaikan bahwa tubuh manusia memiliki pengingat otomatis atau “alarm” internal. Sebagai contoh, orang Muslim yang biasa bangun pukul 04.00 atau 05.00 pagi untuk menunaikan salat subuh punya semacam alarm alami untuk bangun pada waktu-waktu tersebut.

Menurut Hermawan, membiasakan diri bangun pagi dapat membantu memulihkan pola tidur ke kondisi normal.

4. Perhatikan Nutrisi dan Hindari Stres

Selain itu, ia mengatakan, pemenuhan kebutuhan nutrisi dan pengelolaan stres juga memudahkan upaya untuk memulihkan pola tidur yang sempat berubah selama bulan puasa.

“Yang penting diperhatikan adalah tidur berkualitas itu tidur pada lima sampai delapan jam. Kalau badan kita nanti menerima nutrisi dengan baik, pola pikirnya juga baik, artinya tidak dalam keadaan stres, itu biasanya akan cepat dan tidak ada masalah untuk kembali kepada tidur yang berkualitas dan normal,” ia menjelaskan.

Itulah 4 cara mengembalikan pola tidur setelah Ramadan. Semoga bermanfaat!

Pilihan Editor: Kapan Waktu Terbaik untuk Tidur dan Bangun? Berikut Panduannya

ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan diĀ Telegram Cantika

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *