3 Tips Menentukan SPF pada Sunscreen yang Akan Digunakan

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Arti SPF pada sebuah sunscreen sangat penting karena menunjukkan durasi perlindungan terhadap sinar matahari sebuah produk. Sunscreen (tabir surya) adalah salah satu produk perawatan kulit yang penting untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar ultraviolet (UV). Saat memilih sunscreen, Anda pasti sering melihat angka SPF pada kemasan produk.

Sun Protection Factor atau SPF adalah ukuran yang digunakan untuk menunjukkan seberapa efektif sunscreen melindungi kulit dari radiasi sinar matahari, yang merupakan penyebab utama kulit terbakar dan berkontribusi terhadap kanker kulit.

Arti SPF ialah mengukur berapa lama kulit bisa terkena sinar matahari tanpa terbakar dibandingkan jika tidak menggunakan perlindungan.

Misalnya, jika kulit kita biasanya mulai terbakar setelah 10 menit di bawah sinar matahari, penggunaan sunscreen dengan SPF 30 akan memberikan 30 kali lebih lama waktu perlindungan, yaitu sekitar 300 menit, sebelum kulit mulai terbakar.

Cara memilih SPF yang tepat

Memilih SPF bisa bergantung kepada berbagai faktor, termasuk jenis kulit, durasi paparan sinar matahari, dan aktivitas yang dilakukan. 

Berikut adalah beberapa cara umum untuk menentukan SPF yang sesuai:

1. Aktivitas harian

Untuk aktivitas sehari-hari seperti pergi ke kantor atau berbelanja, sunscreen dengan SPF 15 hingga 30 biasanya sudah cukup untuk memberikan perlindungan yang mencukupi.

2. Aktivitas luar ruangan

Jika Anda berencana untuk menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, seperti berolahraga, berenang, atau berkebun, pilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk perlindungan tambahan.

3. Kulit sensitif atau cerah

Iklan

Orang dengan kulit yang lebih cerah atau sensitif cenderung lebih cepat terbakar dan mungkin memerlukan sunscreen dengan SPF lebih tinggi, seperti SPF 50.

Cara menggunakan sunscreen dengan benar

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari sunscreen, penting untuk menggunakannya dengan benar. Berikut beberapa tips penggunaannya:

1. Aplikasikan secukupnya

Gunakan sunscreen dengan jumlah yang cukup untuk menutupi seluruh area kulit yang terpapar sinar matahari.

2. Oleskan 15 menit sebelum keluar rumah

Oleskan sunscreen setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah untuk memberikan waktu agar produk meresap ke dalam kulit.

3. Oleskan ulang

Sunscreen perlu dioleskan ulang setiap dua jam, terutama jika sedang berenang atau berkeringat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga menyarankan untuk mengoleskan sunscreen dengan SPF 30+ setiap dua jam, terutama jika sedang berada di luar ruangan. Pemakaian ulang tabir surya sangat penting untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV yang intens di daerah tropis.

Pilihan Editor: Kiat Menggunakan Sunscreen di Tengah Gelombang Panas

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *