3 Gunung Berapi Erupsi Hari ini, Badan Geologi Minta Masyarakat Jangan Banyak Beraktivitas

  • Share

Gunung Semeru erupsi pada pukul 05.12. Erupsi berlangsung selama 1 menit 2 detik(Antara)

TIGA gunung berapi mengalami erupsi, Kamis (4/7). Ketiganya ialah Gunung Semeru, di Jawa Timur, Gunung Ibu di Maluku Utara dan Gunung Lewotobi Laki-laki di Nusa Tenggara Timur.

Badan Geologi menyebutkan Gunung Semeru erupsi pada pukul 05.12. Erupsi berlangsung selama 1 menit 2 detik.

“Saat ini Gunung Semeru berada pada Status Level III (Siaga). Kami minta warga tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak pusat erupsi. Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak,” papar Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid.

Baca juga : Senin 20 Mei, Tiga Gunung Berapi di Indonesia Erupsi 

Dia meminta warga juga mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru. Terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat.

Sementara di Gunung Ibu, erupsi terjadi pada pukul 12.18 WIT. Erupsi berlangsung selama 1 menit 45 detik. Status Gunung Ibu berada pada Level III (Siaga). 

“Kami minta masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dan perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara,” tambah Wafid.

Di Gunung Lewotobi Laki-laki, erupsi terjadi pukul 17:07 WITA dengan tinggi kolom abu 500 meter di atas puncak. Status gunung ini berada di Level III Siaga.

Wafid meminta masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 km dari pusat erupsi, serta sektoral 4 km pada arah utara – timur laut dan 5 km pada sektor timur laut. (SG)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *