21 Kejadian Bencana Melanda Sepekan Terakhir, Banjir Mendominasi

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 21 kejadian bencana melanda wilayah Indonesia selama sepekan mulai 10-20 Juni 2024. Kejadian banjir masih mendominasi, meskipun telah masuk musim kemarau.

“Ada 21 kali kejadian bencana dan masih dominan banjir ya,” ucap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam Disaster Briefing, dikutip Selasa (11/6/2024).

Aam sapaan Abdul Muhari mengatakan tren kejadian bencana dalam sepekan ada dua bencana yang merenggut korban jiwa yakni longsor di Lumajang Jawa Timur dan Ende, Timor-Timor, NTT.  

“Jadi sekali lagi kalau dari datanya BNPB, tanah longsor di tahun 2024 ini sangat-sangat signifikan dalam konteks korban jiwa. Jadi ini yang benar-benar harus kita perhatikan kondisi-kondisi hujan yang tidak terlalu lama tapi intensitas tinggi dan seterusnya,” katanya.
 
Aam mengatakan bulan Juni seharusnya sudah memasuki musim kemarau tapi ada kejadian banjir. 

“Tapi dari sisi hilirnya dari sisi kejadian bencananya kita masih melihat bahwa satu minggu terakhir itu justru banjir masih mendominasi ya,” katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *