11 Penyebab Baterai iPhone Boros beserta Solusinya

  • Share

iPhone.(AFP/JUSTIN SULLIVAN)

SEBAGIAN dari para pecinta iPhone biasanya mengalami permasalahan berupa masa baterai yang boros. Tidak jarang pengguna mengisi baterainya beberapa kali setelah menyelesaikan suatu aktivitas. Lantas, apa penyebab baterai iPhone boros?

Penggunaan baterai iPhone tidak hanya dipengaruhi oleh aktivitas pengguna yang berat. Namun hal ini juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti baterai yang sudah usang, kecerahan layar, dan lain sebagainya.

Berikut kami akan perkenalkan 11 penyebab baterai iPhone boros dan solusinya.

1. Baterai yang Usang

Baca juga : Akhirnya! Apple Buka Izin Emulator Game Retro di App Store

Jika baterai iPhone sudah tua, ponsel kemungkinan daya ponsel akan boros. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh usia baterai, tetapi juga karena  penggunaan pengisi daya yang salah atau tidak tepat.

Untuk mengetahui apakah baterai iPhone Anda masih bagus atau tidak, periksa kesehatan baterai atau battery health iPhone. Cara memeriksa status baterai iPhone ialah dengan pilih Pengaturan > Baterai > Kesehatan & Pengisian Baterai.

Setelah itu, iPhone akan memberikan informasi tentang kapasitas baterai yang terpasang. Jika persentasenya rendah, segera ganti baterai untuk mencegah baterai cepat boros.
 
2. E-mail Push Aktif

Baca juga : Cara Merekam Layar Iphone, Screen Recorder di iOS 11

Fitur ini berguna untuk memberikan informasi dan notifikasi ketika pesan email masuk dan biasanya digunakan oleh para pekerja. Sayangnya, mengaktifkan fitur ini ternyata dapat menguras daya baterai.

Disarankan untuk mengaktifkan email push hanya selama jam kerja. Misalnya, jika Anda memiliki pengaturan email push di iPhone, iPhone Anda akan selalu meminta email baru dari server email Anda. Karena alasan ini, disarankan untuk mengubah pengaturan email push menjadi fetch.

3. Notifikasi Push Aktif

Baca juga : Apple Rilis Ios 16.4.1 untuk Hilangkan Bug

Mirip dengan email push, semakin banyak notifikasi yang Anda lihat, semakin cepat baterai Anda terkuras. Pengguna biasanya tidak menyadari bahwa notifikasi aplikasi tertentu sedang aktif.

Solusi untuk mencegah aplikasi agar tidak selalu mengirimkan notifikasi, kalimat konfirmasi akan ditampilkan saat menginstal aplikasi dengan opsi “saya ingin aplikasi mengirimkan notifikasi push”. Setelah Anda menemukan opsi ini, pilih “Jangan Izinkan”. Namun jika aplikasi yang diunduh itu penting, pengguna bisa mengklik “Izinkan”.
 
4. Kecerahan Layar Berlebih

Kecerahan layar diperlukan untuk membaca grafik dan font yang ditampilkan pada LCD iPhone. Namun, menyetel kecerahan layar terlalu tinggi dapat dengan mudah menyebabkan penurunan pada daya baterai. Solusinya, Anda bisa menurunkan atau mengatur kecerahan layar sesuai kebutuhan.

Baca juga : Apple Resmi Rilis iOS 16, Tersedia Mulai untuk iPhone 8

5. Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Aplikasi terus berjalan di latar belakang kecuali Anda menutup ponsel. Hal ini dapat menyebabkan borosnya daya baterai iPhone. Solusinya adalah dengan menonaktifkan aplikasi layar belakang. Untuk menonaktifkan aplikasi di latar belakang bisa dengan Klik dua kali tombol home atau pengguna menggeser bagian tengah bawah ke atas, kemudian geser untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan 

6. Layanan Lokasi Aktif di Banyak Aplikasi

Layanan lokasi pada dasarnya membantu meningkatkan keakuratan aplikasi yang sedang bekerja. Layanan ini biasanya tersedia dalam aplikasi berbasis peta seperti aplikasi ojek online. Sayangnya, ada beberapa aplikasi yang mengaktifkan Layanan Lokasi meskipun sebenarnya tidak diperlukan, sehingga dapat memengaruhi baterai iPhone.

Solusinya cukup matikan layanan dengan lahkah pertama, Buka Pengaturan cari Privasi lalu cari Layanan Lokasi, setelah itu klik Bagikan lokasi Anda tanpa beralih, juga atur untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak memerlukan informasi lokasi, misalnya Instagram, dan aplikasi lainnya. Selanjutnya, klik Layanan Sistem dan nonaktifkan semua toggle. Namun, disarankan untuk tidak menonaktifkan lokasi yang penting untuk SOS Darurat, Temukan iPhone Saya, atau fitur khusus yang memang sangat penting aktifkan lokasi.

7. Visual effect yang berlebihan (Video Wallpaper)

Fitur menarik dari iPhone adalah kemampuannya mengubah video menjadi wallpaper. Sayangnya, aplikasi ini cepat menghabiskan daya baterai karena terus membebani GPU ponsel. Masalahnya GPU ini “haus daya”. Semakin indah dan kompleks gambar yang ditampilkan, semakin besar pula daya yang digunakan.

Solusinya adalah dengan menonaktifkannya. Untuk menonaktifkannya Anda bisa buka menu pengaturan, lalu ke Aksesibilitas, kemudian ke Gerakan, setelah itu dan matikan toggle pada Kurangi Gerakan. Jika tidak, sebaiknya gunakan wallpaper foto atau gambar.

8. Widget yang tidak digunakan

Widget dapat digambarkan sebagai aplikasi kecil yang setelah diunduh, berjalan di latar belakang dan memengaruhi konsumsi baterai, bahkan saat tidak digunakan. Jadi, cobalah untuk menghapus widget dan hanya gunakan yang Anda perlukan.

9. Sinyal yang Sulit

Adanya sinyal yang lemah atau sulit dideteksi juga mempengaruhi pengurasan baterai. Pasalnya, ponsel Anda sedang bekerja keras mendeteksi sinyal tersebut agar seluruh fungsinya dapat berjalan normal seperti semula. Jika Anda  berada di area dengan penerimaan yang buruk dan tidak ingin baterai cepat habis, sebaiknya matikan sambungan data atau aktifkan mode pesawat.

10. Cuaca Ekstrim 

Cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas juga dapat memengaruhi kinerja baterai, sehingga daya baterai lebih boros. Kondisi ini bisa terjadi saat  mendaki gunung ketika ponsel tiba-tiba mati saat sudah sampai di puncak. Untuk menghindari masalah ini, pastikan untuk menyimpan ponsel Anda di tempat dengan suhu ruangan yang aman.

11. Kesalahan Software

iPhone yang bermasalah dengan sistem operasi juga dapat menyebabkan baterai lebih cepat terkuras. Kasus ini  terjadi saat update iOS 16.4 dirilis. Banyak pengguna yang mengeluh baterai mereka lebih cepat terkuras setelah menginstal iOS 16.4.

Solusinya, disarankan untuk memilih seri iPhone dengan baterai yang tahan lama dengan mempelajari urutan iPhone dengan kapasitas baterai terbesar dan umur terpanjang yang perlu dipertimbangkan saat membeli ponsel Apple. (Z-6)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *