11 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Bahan Alami

  • Share

Ilustrasi, berikut cara menghilangkan komedo di hidung secara alami(freepik)

MERAWAT kulit wajah ajar selalu terlihat cantik dan menarik tentunya menjadi perhatian tersendiri bagi banyak orang, khususnya paerempuan. Salah satunya yang menjadi sorotan di wajah adalah pada bagian hidung.

Umumnya banyak masalah pada hidung yang selalu terdapat komedo. Bahkan bukan hanya komedo berukuran kecil saja, namun komedo batu yang besar pun kerap kali tumbuh.

Komedo ini biasanya disebabkan karena faktor hormon yang sedanmg tidak stabil, lalu bisa juga pola makan dan pola hidupnya yang berantakan.

Baca juga : 5 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Terlalu sering begadang dan terkena debu disetiap akhtivitas kita pun hal tersebut bisa membuat komedo hingga jerawat tumbuh. Selain itu mengkonsumsi makan makanan yang berlemak pun bisa menimbulkan komedo di hidung.

Maka dari itu kalian harus dikurangi melakukan hal-hal tersebut agar hidung bisa mulus tanpa adanya komedo.

Namun jika komedo sudah ada di hidung, kalian juga jangan khawatir untuk bisa menghilangkannya. Cara menghilangkan komedo di hidung ini cukuplah mudah dan hanya memerlukan bahan-bahan alami untuk mengatasinya.

Baca juga : Ini Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Berikut Cara Menghilangkan Komedo

1. Putih Telur

Cara yang pertama adalah menggunakan putih telur. Kalian bisa pisahkan terlebih dahulu dengan kuning telurnya dan simpan dalam mangkuk.

Untuk melkakukannya, kalian bisa mencampurnya sedikit dengan persan air lemon dan aduk sampai merata. Lalu kalian bisa mengoleskannya ke bagian hidung yang terdapat komedo dan diamkan sampai mengering.

2. Bubuk Kopi

Lalu selanjutnya bisa menggunakan bubuk kopi untuk menghilangkan komedo. Caranya, kalian campurkan bubuk kopi ini dengan minyak kelapa.

Baca juga : Ini Cara Menghilangkan Belang di Tangan

Lalu aduk sampai merata dan oleskan ke hidung yang berkomedo. Sambil dioles kalian bisa pijat hidung berkomedo dan diamkan selama 10 menit lalu bilas.

3. Lemon dan Madu

Selanjutnya menggunakan air perasan lemon dan madu. Caranya kalian campurkan kedua bahan tersebut dan aduk sampai merata.

Tambahkan, sedikit gula dan oleskan ke hidung yang terdapat komedo. pijat hidung sambil mengoles bahan tersebut selama lima menit dan bilas.

Baca juga : 5 Cara Menghilangkan Stretch Mark setelah Melahirkan

4. Oatmeal

Cara yang keempat menggunakan oatmeal untuk hilangkan komedo. Bahan alami ini mengandung scrub yang mempu mengangkat sel kulit mati dan komedo.

Caranya, kalian campurkan oatmeal dengan yoghurt. Lalu oleskan ke hidung yang berkomedo dan diamkan selama 10 menit lalu bilas.

5. Jeruk Nipis dan Es Batu

Lalu selanjutnya menggunakan es batu dan perasan air jeruk nipis. Pertama kalian rebus terlebih dahulu jeruk nipisnya, setelah selesai masukan ke dalam freezer.

Setelah beku dan menjadi es batu, kalian bisa mengoleskan sambil menekannya pada bagian hidung yang berkomedo.

6. Lidah Buaya

Selanjutnya menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami menghilangkan komedo. Lidah buaya mengandung antioksidan dan aloin.

Caranya, kalian gunakan gel lidah buaya ini dan oleskan ke bagian yang berkomedo. Lalu tunggu sampai 15 menit hingga mengering dan bilas.

7. Pepaya

Cara yang ketujuh bisa meenggunakan pepaya. Dalam kandungannya buah ini memiliki vitamin A, C dan E yang baik untuk kulit.

Gunakan pepaya ini sebagai masker alami. Manfaatnya bisa mengangkat sel kulit mati, komedo hingga noda di wajah.

8. Teh Hijau

Lalu yang selanjutnya adalah menggunakan teh hijau. Bahan alami ini mengandung antioksidan yang bisa menghilangkan komedo di wajah.

Caranya, kalian bisa menyeduh teh hijau ini terlebih dahulu dan diamkan sampai dingin. Selanjutnya semprotkan atau oleskan teh hijau tersebut ke wajah.

9. Tomat

Selanjutnya adalah menggunakan tomat untuk menghilangkan komedo di hidung. Buah ini memiliki kandungan vitamin A dan C.

Cara menggunakannya, kalian potong tomat dan oleskan ke bagian yang berkomedo. Diamkan selama 10 menit dan bilas.

10. Cuka Apel

Cara selanjutnya menggunakan cuka apel untuk mengatasi komedo. Cuka apel ini memiliki antibakteri dan bisa mengurangi peradangan.

Caranya, kalian campur cuka apel dengan air panas. Lalu oleskanlah ke kulit wajah yang terdapat komedo dan diamkan selama 10 menit lalu bilas.

11. Uap Air Hangat

Cara yang terakhir adalah menggunakan metode uap air panas. Cara ini terbilang cukup ampun dan sudah dilakukan sejak dahulu.

Caranya, kalian siapkan air panas di dalam wadah. Lalu wajah kalian hadapkan di atas air panas tersebut sambil ditutupi pakai handuk. Diam selama 15 menit sampai air panas tidak beruap lagi.

Dari 11 cara membersihkan komedo di atas cobalah kalian lakukan sendiri di rumah setiap hari secara rutin agar kulit wajah dan hidung bisa mulus tanpa komedo. (Z-12)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *