10 Tempat Wisata di Banyuwangi, dari Air Terjun Telunjuk Raung hingga Pulau Tabuhan 

  • Share

JAKARTA, iNews.id Tempat wisata di banyuwangi berikut ini menarik untuk dibahas kali ini. Terletak di ujung Pulau Jawa membuat daerah ini jadi destinasi wisata yang cocok untuk menghabiskan masa liburan. 

Daerah yang jadi tempat tinggal Suku Osing ini berbatasan langsung dengan Selat Bali. Sehingga, tidak mengherankan jika wisata di Banyuwangi lebih didominasi oleh pantai.

Tak hanya pantai, di Banyuwangi wisatawan dapat menemukan banyak tempat lain yang menarik untuk dikunjungi. Kamu akan menemukan air terjun, hutan, gunung, taman nasional, hingga tempat rekreasi bersama keluarga.

Lantas, apa saja tempat wisata di Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi? Berikut iNews.id akan berikan informasinya dilansir dari berbagai sumber, Selasa (9/7/2024). 

Tempat Wisata di Banyuwangi 

1. Air Terjun Telunjuk Raung 

Banyuwangi dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak air terjun yang indah. Salah satu air terjun yang terkenal adalah air terjun Telunjuk Raung. 

Sesuai dengan namanya, air terjun Telunjuk Raung adalah air terjun yang berada di kaki Gunung Raung ini bentuknya tegak lurus mirip dengan jari telunjuk. 

Dikenal karena pemandangannya yang indah, namun untuk mencapai tempat ini dibutuhkan perjuangan yang cukup ekstra. Sebab, pengunjung diharuskan menyusuri jalan setapak yang terjal.

2. Banyuwangi Park

Tak hanya wisata alam, Banyuwangi juga memiliki wisata alam buatan yang wajib dikunjungi bersama keluarga. Di tempat wisata yang baru diresmikan pada 2023 ini, kamu dapat belajar sekaligus menikmati wahana permainan.  

Banyuwangi Park menawarkan 28 pilihan wahana dan atraksi yang menarik. Di sini kamu bisa belajar tentang sejarah, budaya, adat Banyuwangi. 

3. Bukit Sewu Sambang 

Bukit Sewu Sambang adalah salah satu tempat wisata alam yang cukup populer di kalangan anak muda. Di tempat ini kamu dapat melihat pemandangan Banyuwangi dari atas perbukitan.

Bukit Sewu Sambang yang memiliki pemandangan yang indah bisa dijadikan sebagai tempat berkemah untuk memburu matahari terbit. 

4. Pantai Pulau Merah 

Berlibur ke Banyuwangi kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pantai Pulau Merah. Pantai yang terletak di daerah Banyuwangi Selatan, tepatnya di Kecamatan Pesanggaran ini jadi salah satu tujuan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Pantai Pulau Merah dikenal karena terdapat bukit hijau di dekat bibir pantai yang memiliki tanah berwarna merah.

5. Taman Nasional Alas Purwo 

Taman Nasional Alas Purwo adalah salah satu ikon wisata yang dimiliki Banyuwangi. Tempat ini jadi kawasan konservasi berbagai ekosistem hayati, sepereti hutan bakau, hutan bambu, savana buatan, dan hutan tanaman.

Bagi kamu pencinta buruk merak, jika beruntung kamu akan menjumpai kawanan burung merak hijau di Taman Nasional Alas Purwo. 

6. Teluk Hijau 

Teluk Hijau merupakan salah satu surga tersembunyi yang dimiliki oleh Banyuwangi. Destinasi wisata yang terletak di Desa Sarongan ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Nantinya kamu akan disambut dengan hamparan pasir pantai yang putih dengan pemandangan jernihnya air laut berwarna hijau kebiruan. Terdapat pula karang-karang hijau di tepian pantai yang jadi daya tarik bagi pengunjung Teluk Hijau. 

7. Bangsring Underwater 

Untuk kamu yang menyukai olahraga ai, Bangsring Underwater jadi destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi.

Bangsring Underwater adalah tempat wisata berbasis konservasi rumput laut. Selain itu, tempat ini juga jadi tempat penangkaran hiu yang berbentuk rumah apung.

8. De Djawatan 

Rindangnya pepohonan di Djawatan disebut-sebut mirip dengan hutan Fangorn dalam film Lord of The Rings ini akan menyambut kamu begitu tiba di sana.

De Djawatan adalah kawasan hutan lindung yang dibawah naungan Perhutani. Tempat wisata di Banyuwangi ini dikenal memiliki pemandangan yang menyejukkan mata dengan udara sejuk. 

9. Kawah Ijen 

Kawah Ijen menjadi destinasi wisata di Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi. Tempat ini memiliki daya tarik termasuk pemandangan kawah yang indah dengan fenomena api biru di dasar kawahnya.

Kamu akan bertemu dengan para penambang belerang saat mengunjungi wisata alam yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso ini. 

10. Pulau Tabuhan 

Pulau Tabuhan jadi wisata Banyuwangi yang cocok bagi kamu yang mencari ketenangan. Pasalnya, Pulau kni merupakan pulau tak berpenghuni yang terdapat hamparan pasir putih dan jernihnya laut biru. 

Meski tidak begitu luas, Pulau Tabuhan memiliki kekayaan bawah laut yang tak kalah indah dan menakjubkan. Pulau ini ideal untuk melakukan selancar layang (kiteboarding). 

Demikian ulasan mengenai tempat wisata di Banyuwangi. Semoga bermanfaat!

Editor : Komaruddin Bagja

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *