1 Muharram 2024 Jatuh Tanggal Berapa? Simak Beberapa Amalan Berikut!

  • Share

JAKARTA, iNews.id – 1 Muharram 2024 jatuh tanggal berapa? merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan setiap tahunnya oleh umat Islam yang ingin mengetahui kapan awal tahun baru Islam dimulai. 

Tanggal 1 Muharram, yang merupakan hari pertama dalam kalender Hijriyah, ditentukan berdasarkan pengamatan bulan sabit baru, sehingga sering kali tanggal pastinya belum dapat dipastikan jauh-jauh hari.

1 Muharram Jatuh Tanggal Berapa?

Bagi umat Islam, 1 Muharram merupakan momen penting yang menandai awal tahun baru Islam. Pada tahun 2024, 1 Muharram jatuh pada tanggal 7 Juli. Penetapan tanggal ini berdasarkan perhitungan kalender Hijriah yang didasarkan pada peredaran bulan.

Amalan Menyambut 1 Muharram

Dilansir iNews.id dari berbagai sumber, berikut amalan-amalan yang disunnahkan dikerjakan pada bulan Muharram:

Menjelang datangnya 1 Muharram, umat Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan sebagai bentuk introspeksi diri dan menyambut tahun baru dengan penuh makna. Berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan:

1. Memperbanyak Istighfar dan Doa

Memperbanyak istighfar dan doa merupakan amalan utama yang bisa dilakukan untuk menyambut 1 Muharram. Di momen ini, umat Islam dianjurkan untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat dan memohon keberkahan di tahun yang baru.

2. Melakukan Puasa Tasu’a dan Asyura

Puasa Tasu’a dan Asyura merupakan amalan sunnah yang dianjurkan pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Puasa ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya dilipat gandakannya pahala.

Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
أفضل الصيام بعد رمضان ، شهر الله المحرم

“Sebaik-baik puasa setelah Ramadlan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim)

Dari Ibn Abbas radliallahu ‘anhuma, beliau mengatakan:

ما رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يتحرى صيام يوم فضَّلة على غيره إلا هذا اليوم يوم عاشوراء ، وهذا الشهر – يعني شهر رمضان

“Saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memilih satu hari untuk puasa yang lebih beliau unggulkan dari pada yang lainnya kecuali puasa hari Asyura’, dan puasa bulan Ramadhan.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)
Puasa Asyura’ (puasa tanggal 10 Muharram)

3. Bersedekah

Bersedekah merupakan amalan mulia yang bisa dilakukan kapan saja, termasuk pada 1 Muharram. Bersedekah di momen ini dipercaya akan melipat gandakan pahala dan mendatangkan keberkahan.

4. Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an merupakan amalan yang selalu dianjurkan bagi umat Islam. Pada 1 Muharram, umat Islam bisa lebih giat lagi dalam membaca Al-Qur’an sebagai bentuk introspeksi diri dan merenungkan ayat-ayat suci.

5. Mengaji dan Mengajarkan Ilmu Agama

Mengaji dan mengajarkan ilmu agama merupakan amalan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Pada 1 Muharram, umat Islam bisa mengadakan pengajian atau menghadiri majelis ilmu untuk menambah pengetahuan agama.

6. Melakukan Introspeksi Diri

1 Muharram merupakan momen yang tepat untuk melakukan introspeksi diri. Umat Islam bisa merenungkan kesalahan yang telah diperbuat dan bertekad untuk menjadi lebih baik di tahun yang baru.

Dengan melakukan amalan-amalan tersebut, diharapkan umat Islam dapat menyambut 1 Muharram dengan penuh makna dan menjadikan tahun baru sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

1 Muharram 2024 jatuh tanggal berapa? adalah pertanyaan yang menandai awal dari tahun baru Islam. Umat Islam di seluruh dunia akan bersiap-siap menyambut momen penting ini dengan penuh kebersamaan dan keagungan. 

Editor : Komaruddin Bagja

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *